Sangat penting bagi perusahaan kecil dan menengah untuk menggunakan software akuntansi pada pembukuannya karena akan berkontribusi positif.

Kita mungkin sering menemui terutama pada usaha home industry, perusahaan-perusahaan kecil atau menengah yang tak menggunakan software akuntansi untuk mencatat pembukuannya. Cara tradisional pencatatan keuangan secara manual masih sering digunakan karena kurangnya SDM yang memahami sistem komputerisasai pada badan-badan usaha kecil tersebut. Bahkan yang lebih parah ada perusahaan yang tak memiliki sistem pembukuan sama sekali sejak puluhan tahun mulai berdirinya usaha tersebut. Padahal hal ini dapat menjadi salah satu penghambat dalam perkembangan usaha yang bersangkutan.

Pembukuan keuangan atau sistem akuntansi pada perusahaan dalam skala terkecil sekalipun mutlak dibutuhkan walaupun banyak pengusaha konvensional menganggapnya sebagai hal yang merepotkan. Pembukuan baik secara sederhana atau pun dengan menggunakan software akuntansi seharusnya tak perlu menjadi hal yang membebani karena catatan inilah yang dapat menjadi bukti tentang aktifitas perusahaan juga sebagai informasi keberlangsungan kegiatan kepada pemerintah. 

Manfaat lain dari pembuatan pembukuan adalah, memudahkan jalannya bisnis, sebagai dasar untuk melakukan analisis perkembangan bisnis, memudahkan kita untuk meyakinkan pihak lain bila ingin menjalin kerja sama dan kemitraan, membuktikan kredibilitas perusahaan dalam pengajuan kredit, dan masih banyak lagi. Beberapa hal penting yang berkaitan dengan pembukuan dan wajib dilaksanakan adalah berkenaan dengan:  

1.  Pembukuan tentang pengeluaran dan pemasukan uang.

2.  Pembukuan tentang arus kas.

3.  Pembukuan tentang pengeluaran dan pemasukan barang.

4.  Stok barang.

5.  Pembukuan inventaris perusahaan (pembukuan harta tetap).

6.  Penyusunan laba rugi dan neraca.

Beberapa UKM yang berhasil mengembangkan usahanya menjadi skala yang lebih besar telah membuktikan bahwa kekurangan-kekurangan UKM ternyata dapat dipecahkan dengan menggunakan sistem informasi dengan komputerisasi. Untuk dapat merealisasikan hal ini tentu dibutuhkan pengaplikasian software akuntansi sebagai sarana untuk membuat laporan keuangan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk dapat menggunakan fasilitas berbasis teknologi canggih ini dibutuhkan SDM yang mumpuni dan salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan melakukan training untuk meningkatkan skill yang bersangkutan.

Di tanah air sendiri telah tersedia berbagai perangkat lunak akuntansi yang diciptakan oleh programer-programer lokal. Meskipun buatan dalam negeri tetapi perangkat lunak tersebut telah mampu mengadopsi software akuntansi standar yang berlaku sesuai dengan ketentuan perpajakan. Dengan fitur-fitur yang telah disesuaikan, sebenarnya harga perangkat lunak ini masih cukup bisa dijangkau oleh perusahaan-perusahaan kecil dan menengah. Sayangnya hingga saat ini aplikasi perangkat lunak ini masih terbatas pada badan usaha kecil yang berlokasi di wilayah perkotaan.

Jenis software akuntansi yang cukup populer di kalangan perusahaan kecil dan menengah di tanah air adalah Accurate Accounting Software, Zahir Accounting dan MYOB Asia. Penggunaan perangkat lunak keuangan ini terbukti telah memiliki kontribusi pada perkembangan bisnis secara signifikan. Hal yang sama berlaku pula pada organisasi yang menggunakan software-software ini, yaitu terjadi kemajuan yang drastis. 

Pembelian perangkat lunak ini hendaknya tak dianggap sebagai pemborosan melainkan investasi dalam bidang adopsi teknologi informasi demi peningkatan efisiensi dan menambah efektifitas sehingga memberikan kontribusi positif bagi perkembangan perusahaan. Dengan fasilitas berbasis teknologi canggih ini setiap saat staf keuangan akan dapat dengan mudah memeriksa jumlah stok, order barang, penawaran, hutang, piutang, open invoice dan data-data akunting lainnya.

Memiliki informasi tentang data-data keuangan yang akurat, cepat, dan tepat sangat penting bagi badan usaha kecil dan menengah demi melakukan analisis terhadap performa perusahaan. Perkembangan perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai transaksi yang semakin meningkat dan pertambahan aset adalah faktor-faktor yang menyebabkan semakin mendesaknya keharusan penggunaan software akuntansi di kalangan perusahaan kecil. 

Meskipun hal ini memang tak mudah diterapkan karena diperlukan skill khusus dari pekerjaan yang terbiasa dilakukan secara manual menjadi sistem yang otomatis dan menggunakan perangkat komputer. Ketidaknyamanan inilah yang sering menjadi penyebab keengganan para pengusaha untuk berinvestasi pada fasilitas berteknologi tinggi ini.

Dari uraian singkat di atas dapat kita simpulkan bahwa pembukuan dengan software akuntansi sifatnya sangat mendesak pada badan usaha kecil dan menengah. Selain itu penerapan perangkat lunak ini akan memberi dampak positif bagi perkembangan perusahaan apalagi bila nilai transaksi perusahaan telah semakin besar.

 

MITRA KAMI